Kamis, 28 Februari 2008

Wis, uda!

Dalam satu perjalanan, alhamdulillah saya mendapatkan satu pertanyaan yang cukup membuat saya berpikir sampai sekarang.
Hari itu, dalam sebuah perjalanan, alhamdulillah saya ditakdirkan bertemu dengan seorang ibu bijak. Pertama-tama, ibu bijak ini bertanya jurusan tempat saya kuliah. Kemudian beliau bertanya angkatan masuk saya. Saya pun menjawab satu per satu. Setelah saya menjawab, beliau berkomentar "Wah, sebentar lagi wisuda". Saya menjawab "insyaALLAH maret ini, Bu".
Beliau berkata "Sudah siap belum? Sebentar lagi, beda lo, statusnya. Kemarin kan mahasiswa, sekarang sudah bagian dari masyarakat(society). Tanggung jawab nya pun beda. Sekarang harus memikirkan bagaimana keadaan masyarakat sekitar, kemudian bagaimana menjadi bagian dari masyarakat, bagaimana berkontribusi pada masyarakat, dan kewajiban sebagai bagian dari masyarakat. Atau sekarang masih merasa mahasiswa? Atau ya.. wis, uda!"
Pernyataan itu membuat saya terhenyak. Dengan tertawa malu, saya menjawab bahwa saya masih merasa sebagai mahasiswa. Kemudian beliau menceritakan budaya anak muda jepang yang menjadi bagian dari masyarakat. Saya pun mendengarkan. Sambil mendengarkan saya terus terpikir bahwa status saya sekarang telah berubah dan apa yang harus saya lakukan.
Sampai saat ini, pertanyaan ibu bijak tersebut masih terngiang-ngiang di telinga. Dan saya jadikan sebagai motivasi untuk berubah, bahwa saya sudah menjadi bagian dari masyarakat.

1 komentar:

Vinkcuites mengatakan...

Uk cim kita brubah jadi power rangers... hahahaa...
tp ibu itu bnr bgt cim, setelah wisuda smua brubah bo...
jangan lupa memberikan sesuatu buat bonyok cim... hehehe3...
PEACE...
congrats ya mo diwisuda ^_^v
ENJOY UR NEW LIFE ;)